Selasa, 29 Maret 2011

BERAPA JARAK ANTAR KOTA DI INDONESIA ??

Berapa jarak antar kota di Indonesia ?

kira-kira 3 bulan yang lalu saya pergi ke Bandung menggunakan mobil melewati jalan tol Cikampek - Sadang. Waktu yang ditempuh untuk ke Bandung kurang dari 2 jam. Cepat juga sampai di Bandung jika kita lewat rute ini, sedangkan jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu dimana jalur tol menuju ke Bandung hanya bisa melalui Cikampek - Purwakarta waktu yang ditempuh perlu sampai 3,5 - 4 jam.

Yang menjadi pertanyaan, berapa sih jarak tempuh rata-rata dari Jakarta ke Bandung ?
Saya lupa mencatat di odometer mobil berapa km jarak tempuh sesungguhnya Jakarta - Bandung.

Oke secara pendekatan riil saya belum bisa berikan angkanya karena lupa untuk mencatatnya, tapi saya akan coba cari tahu menggunakan literatur di internet, berapakah jarak antara jakarta Bandung ?

1. Untuk literatur pertama, saya akan ambil data yang situsnya ada di City Distance, alamatnya http://www.geobytes.com/CityDistanceTool.htm , setelah memasukkan 2 variabel kota yaitu Jakarta dan Bandung, maka hasilnya adalah: Distance in miles = 368; Distance in kilometres = 593 km

2. Saya ambil literatur kedua di situs timeanddate, di situs ini disebutkan bahwa jarak antara kota Jakarta dan Bandung cuma berjarak 79 miles atau 128 km.

Wah sepertinya ada literatur yang kacau, situs city distance tidak akurat dalam menghitung jarak Jakarta Bandung. Untuk sementara data yang cukup valid yaitu di situs timeanddate, hanya sayangnya, di situs timeanddate hanya mencantumkan sedikit kota-kota yang ada di Indonesia. Secara lengkap di kutip dari situs timeanddate, jarak tempuh untuk kota-kota di Indonesia (patokan 0 km dari Jakarta). Oh ya satu lagi, situs ini bisa juga dipergunakan untuk melihat perbedaan waktu antar kota.

Jakarta - Bogor = 48 km
Jakarta - Bandung = 128 km
Jakarta - Tanjung Karang = 180 km
Jakarta - Semarang = 423 km
Jakarta - Yogyakarta = 443 km
Jakarta - Solo = 477 km
Jakarta - Surabaya = 674 km
Jakarta - Padang = 915 km
Jakarta - Pekanbaru = 953 km
Jakarta - Denpasar = 977 km
Jakarta - Balikpapan = 1243 km
Jakarta - Medan = 1402 km
Jakarta - Makassar = 1413 km
Jakarta - Manado = 2194 km

Tabel di atas bisa juga dipergunakan untuk mengetahui Zona Bicara yang diberlakukan oleh operator Telepon di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar